Belajar Jadi Chef Profesional Lewat Ajang ‘The Culinary Experience’

Dunia kuliner kini sudah dilirik banyak orang sebagai salah satu profesi yang menjanjikan. Untuk menyalurkan potensi para chef muda, digelar sebuah cooking competition yang diselenggarakan oleh Le Cordon Bleu bertajuk ‘The Culinary Experience’.

Le Cordon Bleu didirikan pertama kali di Paris, Perancis tahun 1895. Sampai saat ini, akademi ini menjadi salah satu akademi terbaik dalam bidang perhotelan, pastry, pelatihan gastronomi, dan seni kuliner.

Setiap tahunnya, Cordon Bleu sudah mendidik sekitar 20.000 siswa dari 40 cabang Le Cordon Bleu yang tersebar di 20 negara. Untuk tenaga pengajarnya juga tidak main-main para siswa akan dididik oleh para chef dan ahli dalam bidang perhotelan.

“The Culinary Experience” ini adalah kerjasama pertama antara Sun Education dan Le Cordon Bleu. Disini para chef muda dari berbagai institusi pendidikan akan diajarkan cara menjadi chef profesional dan dihadapkan dalam situasi dapur yang sesungguhnya.

“Acara ini sangat baik untuk menginspirasi para chef muda untuk tertarik masuk ke bidang kuliner. Terlebih lagi dengan kedatangan Chef Rinrin dan Chef Bruweir yang merupakan chef profesional dan berpengalaman bisa memberikan inspirasi kepada para chef amatir yang hadir,” tutur Ming Ho, General Manager Le Cordon Bleu Malaysia.

Dari 26 tim yang masing-masing beranggotakan 3 orang, mereka diminta untuk membuat kreasi hidangan sesuai dengan budget. Setelah dinilai oleh juri tersaring 5 tim yang mengikuti babak final pada Minggu (24/03/2013)lalu di Menara Top Food, Alam Sutera, Tangerang.

Para finalis terlebih dahulu dibimbing mengenai teamwork dan teknik memasak. Setelah itu, untuk menentukan pemenang para peserta diminta untuk membuat satu hidangan sama yaitu roasted beef with union marmalade, potato fondant, bay leaf jus and mustard foam.

Dalam babak grand final ini, Chef Ririn Marinka yang merupakan alumni Le Cordon Bleu Sydney dan Chef Franc selaku Technical Director Le Cordon Bleu Malaysia-Sunway ditunjuk sebagai dewan juri. Kriteria pemenang ditentukan oleh teamwork, rasa, dan kreatifitas para peserta.

Acara ditutup dnegan pengumuman para pemenang. Pemenang pertama diraih oleh Team Faith dari SMKN 3 Tangerang, kedua dari Team Sahid 2, ketiga dari tim Renovation dari SMK Santa Maria.

Untuk pemenang pertama mendapatkan piala dan uang tunai sebesar Rp 5.000.000 dan mendapatkan bimbingan dari Chef Franc Bruweir mengenai situasi yang harus dihadapi saat bekerja di dapur sebagai chef.

Source