Selandia Baru


Kuliah di New Zealand


 

Siapa yang tidak tahu mengenai keindahan alam di negara yang terkenal dengan kiwi ini? New Zealand atau Selandia Baru adalah negara yang kaya akan keindahan alam yang dapat dilihat dari film-film box office, seperti film berjudul Lord of the Rings dan The Last Samurai.

  • Selandia Baru merupakan salah satu negara barat berbahasa Inggris yang dekat dengan Indonesia.
  • Sebuah negara yang modern dan memiliki banyak tempat wisata alam yang sangat indah.
  • Lingkungan tinggal dan belajar yang nyaman dan aman.
  • Kondisi sosial dan ekonomi yang stabil.
  • Masyarakat dan budaya Selandia Baru yang bersifat terbuka untuk orang asing.
  • Mutu pendidikan yang tinggi dan diakui secara internasional.
  • Biaya studi yang terjangkau dengan kualitas tinggi.
  • Hubungan yang dekat antara mahasiswa dan dosen.
  • Ijin bekerja part time 20 jam per minggu saat sekolah dan full time 40 jam saat liburan sekolah.
  • Peluang kerja terbuka lebar bagi lulusan Selandia Baru

*Partner List Updated by 1 August 2016

ACADEMIC COLLEGES GROUP (ACG) NTEC
AIS ST HELENS PACIFIC INTERNATIONAL HOTEL MANAGEMENT SCHOOL (PIHMS)
AUCKLAND FOUNDATION YEAR (AFY) THE UNIVERSITY OF AUCKLAND
AUCKLAND UNIVERSITY OF TECHNOLOGY (AUT) THE UNIVERSITY OF WAIKATO
BAY OF PLENTY POLYTECHNIC, TAURANGA UNITEC
CHRISTCHURCH POLYTECHNIC INSTITUTE OF TECHNOLOGY (CPIT) UNIVERSITY OF CANTERBURY
CORNELL INSTITUTE OF BUSINESS & TECHNOLOGY UNIVERSITY OF CANTERBURY INTERNATIONAL COLLEGE (NAVITAS NZ)
DESIGN & ART COLLEGE OF NEW ZEALAND (D&A) UNIVERSITY OF OTAGO
KAPLAN ENGLISH NZ VICTORIA UNIVERSITY OF WELLINGTON (VUW)
LE CORDON BLEU NZ WAIARIKI INSTITUTE OF TECHNOLOGY
MASSEY UNIVERSITY WAIKATO INSTITUTE OF TECHNOLOGY (WINTEC)
MEDIA DESIGN SCHOOL WELLINGTON INSTITUTE OF TECHNOLOGY (WELTEC)
SOUTHERN INSTITUTE OF TECHNOLOGY (SIT) YOBEE SCHOOL OF DESIGN (ACG)
NORTH SHORE INTERNATIONAL ACADEMY (NSIA)

Biaya hidup seperti layaknya di tempat lain, akan bervariasi sesuai dengan kota di mana penduduk tinggal dan gaya hidup masing-masing pribadi. Rata-rata yang diperlukan oleh setiap pelajar umumnya berkisar antara NZD 1.500 hingga NZD 1.800 per bulan. Biaya ini meliputi biaya akomodasi, makan, dan transportasi, serta telekomunikasi dan keperluan sehari-hari lainnya.


  1. Visa Pelajar & Asuransi Kesehatan

Visa pelajar akan berlaku satu tahun dan diperpanjang sendiri setiap tahun. Pelajar diijinkan untuk bekerja parttime sebanyak 20 jam per minggu dan fulltime pada masa liburan semester. Post-study work visa (open) akan diberikan kepada pelajar setelah menyelesaikan studi sebanyak 12 bulan untuk mencari pekerjaan yang berhubungan dari studi. Setelah mendapatkan pekerjaan, pemberi kerja bisa membantu memberikan surat referensi sehingga pelajar bisa mendapatkan visa kerja untuk dua (2) tahun.


  1. Akomodasi

Seperti di Australia, pelajar internasional di Selandia Baru memiliki berbagai pilihan akomodasi seperti asrama sekolah, menyewa apartemen hingga pilihan homestay.


  1. Kerja Sambilan

Pada saat ini, pelajar full-time dapat bekerja part time 20 jam per minggu selama masa kuliah dan bekerja full-time 40 jam selama masa liburan. Bahkan setelah lulus, pelajar internasional masih diperbolehkan bekerja selama satu (1) tahun.


Sebelum melakukan kerja sambilan, pelajar diharuskan mendapat ijin dari kantor imigrasi Selandia Baru, di mana ada biaya yang diperlukan untuk memperolehnya.


Gaji yang didapatkan selama kerja sambilan sekitar NZD 10 – NZD 15 per jam.

Country NZ education


NEW ZEALAND QUALIFICATION AUTHORITY (NZQA)

Sebagai salah satu negara Commonwealth, Selandia Baru memiliki sistem pendidikan Inggris yang diakui di dunia. Kesetaraan kualitas pada semua lembaga pendidikan baik negeri maupun swasta diatur oleh NZQA, bagian dari Kementerian Pendidikan.


NZQA mempunyai tujuan untuk mengembangkan dan menjamin kualitas program pendidikan yang diselenggarakan oleh sekolah keguruan, politeknik, institut teknologi, dan lembaga pendidikan lainnya, kecuali universitas.


  1. Sekolah Dasar & Menengah

Sekolah dasar di Selandia Baru dimulai dari umur lima (5) tahun. Tahun akademik mereka dimulai pada bulan Januari dan diakhiri pada bulan Desember.


Secara umum, lamanya pendidikan dasar dan menengah di Selandia Baru ialah 13 tahun. Primary School sampai dengan year 8, lalu Secondary School sampai year 13. Wajib belajar di Selandia Baru adalah sampai dengan year 10. Setelah year 10, pelajar boleh meneruskan ke Diploma untuk mendalami keahlian tertentu.


Apabila pelajar meneruskan ke Secondary School hingga selesai, mereka akan mendapatkan kualifikasi NCEA (National Certificate of Educational Achievement) yang diakui di seluruh Selandia Baru.


  1. Institut Teknologi & Politeknik (ITP)

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pelajar dapat meneruskan untuk mengambil pendidikan dan pelatihan setelah year 10. Mereka dapat mengambil Certificate, Diploma ataupun Bachelor Degree di Institut Teknologi dan Politeknik yang ada di Selandia Baru.


Program-program yang ditawarkan menekankan pada pengalaman dan aplikasi praktis dalam situasi kerja, seperti bidang pertanian, seni dan desain, bangunan dan konstruksi, studi media, perhotelan dan pariwisata. Semuanya dikembangkan berdasarkan kerjasama dengan kelompok penasihat yang mewakili industri tersebut, agar program yang diselenggarakan relevan, terkini dan inovatif.


Lulusan pendidikan kejuruan ini memperoleh status yang sama dengan gelar dari universitas.


Biaya Institut Teknologi & Politeknik berkisar antara NZD 16.000 – NZD 20.000 per tahun.


  1. Program Sarjana Profesional (Undergraduate Degree) & Program Pascasarjana Profesional (Postgraduate Degree)

Selandia Baru memiliki delapan (8) universitas yang menawarkan lingkungan belajar yang menarik serta kualifikasi bermutu tinggi, mulai dari tingkat Sarjana S-1 sampai Pascasarjana S-2 dan S-3 dalam studi akademik dan profesional.


Kedelapan universitas ini tersebar di seluruh Selandia Baru. Universitas yang terletak di Pulau Utara adalah University of Auckland, Auckland University of Technology (AUT), University of Waikato, Massey University, dan Victoria University.


Sedangkan yang terletak di Pulau Selatan adalah University of Canterbury di Christchurch, Lincoln University yang juga di kota Christchurch, dan University of Otago di Dunedin.


Biaya kuliah di universitas untuk jenjang Undergraduate / S-1 biasanya berkisar antara NZD27.000 – NZD40.000 per tahun (tergantung dari jurusan yang diambil); sedangkan untuk jenjang Postgraduate / S-2 sekitar NZD31.000 – NZD40.000 per tahun. Khusus jenjang S-3 yaitu program Doctor of Philosophy (PhD), pelajar internasional hanya dikenakan biaya kuliah yang sama dengan biaya kuliah penduduk lokal yaitu sekitar NZD6.000 – NZD7.000 per tahun.

Country NZ map

Terletak di sebelah tenggara dari benua Australia, Selandia Baru adalah negara kota yang terdiri dari dua (2) pulau besar yaitu Pulau Utara dan Pulau Selatan. Negara anggota Persemakmuran Inggris (Commonwealth) ini juga memiliki puluhan pulau-pulau utama. Luas dari negara ini adalah sekitar 268.021 km2.

Selandia Baru terletak di belahan bumi bagian selatan, hal ini membuat negara ini memiliki musim yang bervariasi. Selandia Baru memiliki empat (4) musim:

  1. Musim Semi (September hingga November) – suhu 16-19oC
  2. Musim Panas (Desember hingga Februari) – suhu 21-24 oC
  3. Musim Gugur (Maret hingga Mei) – suhu 18-25 oC
  4. Musim Dingin (Juni hingga Agustus) – suhu 12-16 oC

Dua (2) zona waktu dimiliki oleh negara yang terkenal dengan dombanya ini. Daylight Saving Time di musim panas dari minggu terakhir September sampai minggu pertama April, juga diberlakukan dengan menyesuaikan waktu menjadi satu (1) jam lebih awal.

New Zealand Standard Time (NZST) : GMT+12 atau Indonesia WIB+5
Chatham Standard Time (CHAST) : GMT+12:45 atau Indonesia WIB+5:45

Penduduk Selandia Baru berjumlah lebih dari 4 juta jiwa. Sebagian besar penduduknya berasal dari keturunan Eropa, diikuti oleh suku Maori. Bahasa kenegaraan di negara yang sangat bersahabat ini adalah bahasa Inggris. Akan tetapi, sebagai warga asli Selandia Baru, pihak suku Maori juga mempunyai peran yang signifikan di negara tersebut. Bahasa Maori merupakan bahasa kedua setelah bahasa Inggris di negara Selandia Baru.

Pilihan transportasi di Selandia Baru sangat bervariasi, dari kendaraan pribadi, transportasi umum (bis dan kereta) hingga kapal feri antar pulau. Transportasi di dalam kota pada umumnya menggunakan bis. Ongkos bis berkisar dari NZD 1.5 – NZD 3 per sektor. Untuk perjalanan jarak jauh dari satu kota ke kota lain masyarakat lebih banyak menggunakan kereta api. Kapal feri banyak digunakan untuk perjalanan antar pulau di utara dan pulau di selatan. Perjalanan antar pulau juga bisa menggunakan maskapai penerbangan mereka yaitu New Zealand Air.


Pemegang visa pelajar diizinkan untuk mengendarai kendaraan di Selandia Baru dengan menggunakan SIM Internasional atau SIM Indonesia selama 12 bulan sejak kedatangannya. Namun SIM Indonesia tersebut harus merupakan SIM yang masih berlaku dan harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris terlebih dahulu. Setelah melewati masa 12 bulan tersebut, pelajar internasional di Selandia Baru wajib mengajukan New Zealand driving license yang dapat diperoleh setelah mengikuti tes tertulis mengenai peraturan di jalan raya dan melengkapi persyaratan lainnya.

Pemerintah Selandia Baru menjalankan sistem pemerintahan monarki konstitusional dengan parlementer demokrasi, yang dipimpin oleh seorang Gubernur Jenderal dan Perdana Menteri; sebagai dua (2) perwakilan daripada Ratu Inggris.

  1. North Island

Mitologi mengatakan bahwa Pulau Utara dan Selatan di Selandia Baru berasal dari masa Maui, yang disebut sebagai manusia setengah dewa. Auckland dan Hamilton adalah dua kota besar di Pulau Utara yang mempunyai nama dalam bahasa Maori sebagai Te Ika-a-Maui yang berarti ikan dari Maui.


  1. South Island

Untuk Pulau Selatan, nama Maorinya adalah Te Wai Pounamu yang berarti Air Batu Hijau. Pulau di mana kota Christchurch berada ini juga merupakan salah satu pulau terbesar ke-12 di dunia. Pulau Selatan lebih sedikit populasinya dibandingkan Pulau Utara, tetapi memiliki banyak sekali tujuan wisata, baik itu olahraga musim dingin, cagar alam dan taman hutan, sampai dengan kekayaan natural seperti glasir, danau, gunung berapi dan juga bermacam burung dan ikan paus.


  1. Rotorua atau Central North Island

Rotorua adalah sebuah kota di tepi selatan Danau Rotorua di area Bay of Plenty di Pulau Utara, yang terkenal karena aktivitas geotermalnya. Terdapat sejumlah geiser yang terkenal dan kolam lumpur panas di kota ini. Selain itu, terdapat juga taman-taman botanik dan arsitektur bersejarah. Kota yang menawarkan spa alami ini juga memenangkan penghargaan sebagai kota terindah di Selandia Baru selama lima (5) kali, rekor terakhir di tahun 2009. Selain itu, institut tersier terbesar di luar pusat universitas pun berada di kota ini, yaitu Waiariki Institute of Technology.


  1. Auckland

Daerah perkotaan terbesar dan paling padat penduduknya di negara itu dengan 1.354.900 penduduk, atau 31 persen dari total populasi Selandia Baru. Auckland juga memiliki penduduk Polinesia terbesar dari kota manapun di dunia. Ini adalah salah satu dari sedikit kota di dunia yang memiliki pelabuhan pada dua (2) badan utama yang terpisah dari air.

  • Dengan 2,5 juta mobil untuk empat juta orang, termasuk anak-anak, Selandia Baru merupakan salah satu negara dengan tingkat kepemilikan mobil tertinggi di dunia
  • Kiwi bukan sekedar buah, akan tetapi juga merupakan nama hewan asli yang berasal dari Selandia Baru, bentuk dari hewan ini menyerupai buah Kiwi yang kita kenal. Menariknya orang Selandia Baru pun dipanggil dengan sebutan Kiwi ! Jadi, hati-hati tertukar ya J.
  • Selandia Baru adalah salah satu dari tiga negara yang memiliki dua resmi anthems nasional. Yang pertama adalah “God Save the Queen” (lagu kebangsaan Inggris) dan yang lainnya adalah “God Defend New Zealand”.
  • Selandia Baru adalah negara pertama yang memiliki tiga posisi teratas kekuasaan yang dikuasai oleh kaum wanita secara serentak : Perdana Menteri (Helen Clark), Gubernur Jenderal (Dame Silvia Cartwright), dan Ketua Mahkamah Keadilan (Sian Elias).
  • Ratu Elizabeth II yang merupakan Ratu di UK adalah ratu resmi dari Selandia Baru. Dia diwakili di Selandia Baru oleh Gubernur Jenderal, yang meratifikasi semua hukum yang diletakkan sebelum dia terpilih oleh parlemen Selandia Baru.
  • Selandia Baru adalah negara besar pertama yang memiliki hak pilih universal. Pada tahun 1893, Selandia Baru membuat hukum bagi semua warga negara, baik laki-laki maupun perempuan dari Selandia Baru untuk mempunyai hak untuk memilih.
  • Bungee Jumping komersial pertama di dunia berlangsung di Auckland, Selandia Baru pada tahun 1986.